ASI Melimpah dan Berkualitas dengan Vitamin Blackmores Pregnancy & Breastfeeding

Membayangkan harus meninggalkan anak bayi setelah 3 bulan cuti melahirkan adalah berat, sungguh berat. Bagimana tidak, jiwa keibuan akan muncul dengan dahsyat ketika sedang menyusui si keci. Membayangkan ketika menyusui sambil mengelus kepala, tangan dan kaki yang imut nan halus kulitnya. Saya menulis sambil memikirkan si kecil di rumah.

 Haiii.. Perkenalkan, Saya adalah full time working mom. Bekerja di rumah sakit dari pagi hingga petang. Saya mempunyai 3 anak laki-laki yang hebat dan sedang menyusui anak ketiga.

happy mama dan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold 


 Untuk memenuhi kebutuhan Air Susu Ibu (asi) harian si kecil, saya memompa di kantor agar asupan si kecil dapat terpenuhi. Mengapa harus memompa asi? Banyak alasan seorang ibu memompa asi, salah satunya agar dapat memberikan asi eksklusif untuk si buah hati dan mempertahankan produksi asi.

Pentingnya ASI Eksklusif

Kandungan nutrisi didalam asi sangat baik untuk tumbuh kembang si kecil. Pemberian asi eksklusif berlaku pada bayi berusia 0 sampai dengan 6 bulan. Dalam fase ini harus diperhatikan kualitas asi supaya tidak mengganggu perkembangan si kecil selama 6 bulan sejak hari lahir pertama. fase ini merupakan periode emas si kecil sampai dengan usia 2 tahun. Air susu yang diproduksi oleh seorang ibu mengandung nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang membuat asi lebih mudah dicerna dibandingkan susu formula.


Manfaat ASI

ASI untuk Si Kecil
Ada beberapa manfaat asi untuk si kecil, yaitu:

Mencegah terserang penyakit
Peranan penting asi adalah meningkatkan ketahanan tubuh bayi, sehingga bayi yang sehat dapat terhindari dari serangan bibit dari penyakit. Protein yang terkandung di dalam asi berfungsi untuk melindungi si kecil dari infeksi kuman penyebab penyakit.

Sebagai Nutrisi Lengkap untuk si kecil
Kandungan dalam ASI meliputi air, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, sel-sel darah putih, enzim, dan asam amino. Nutrisi yang terkandung dalam asi mampu memenuhi kebutuhan bayi.
 
Membantu perkembangan otak dan fisik bayi
Asupan si kecil dipenuhi dari asi tanpa mengkonsumi makanan lainnya. Asam lemak yang terkandung di dalam asi membantu perkambang otak si kecil dan membantuperkembangan kognitif dan sensorik padi bayi.
 

ASI Eksklusif untuk Ibu
Selain bermanfaat untuk bayi, pemberian asi eksklusif pun bermanfaat untuk ibu. Adapun manfaat untuk ibu adalah:
Mengatasi rasa trauma
Rasa sakit setelah melahirkan kadangkala membuat seorang ibu menjadi trauma untuk hamil dan melahirkan. Setelah pertama kali melihat si kecil dan menyusui akan memberikan rasa bahagia dan menjadi sumber semangat bagi ibu. Selain rasa trauma, sindrom baby blues pun dapat menyerang ibu pasca melahirkan. Dengan memberikan asi sambil menyusui secara perlahan akan mengurangi sindrom ini.
 
Mengurangi risiko kanker payudara
Salah satu manfaat eksklusif dari menyusui adalah mengurangi risiko kanker payudara dan kanker rahim. Mengapa? Karena ibu menyusui mempunyai kadar hormon esterogen yang rendah akibat berkurangnya frekuensi menstruasi. Hormon esterogen adalah salah satu faktor pemicu terjadinya kanker. Selain itu, menyusui dapat membuat sel-sel payudara akan terus memproduksi asi sehingga kecil kemungkinan terjadinya penyimpangan sel.
 
Membantu Memberi Jarak Pada Kelahiran
Memberikan asi untuk si kecil merupakan salah satu metode kontrasepsi alami. Hormon yang mengatur produksi asi akan menekan produksi hormon yang mengatur ovulasi (pelepasan telur). Setidaknya sekitar enam (6) bulan ibu tidak mengalami menstruasi yang mengakibatkan ibu akan megalami ketidak suburan sementara.
 
 Nah, beragam cara yang dilakukan agar asi berproduksi sesuai dengan ritme bayi menyusui secara langsung. Berikut cara menambah produksi asi dengan cara sederhana:
  • Banyak makanan makanan yang dapat meningkatkan produksi seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, biji bijian termasuk gandum dan oats serta bawang putih.
  • Menyusui lebih sering. Menyusui setidaknya 8-12 kali dalam sehari, jika ibu menyusui sebentar maka akan produksi asi akan semakin sedikit.
  • Menyusui dengan kedua payudara.
  • Melakukan pijatan payudara.
  • Mengurangi stress.

 Apa saja yang saya lakukan untuk meningkatkan produksi asi selama bekerja?

Memompa ASI
Salah satu cara untuk mengosongkan payudara dengan cara memompa asi agar payudara kosong sehingga hormon yang mengatur keluar asi segera mengirimkan sinyal untuk mengisi payudara. Kegiatan memompa asi sama seperti menyusui si kecil dan diharapkan ritme menyusui bisa mencapai 8-12 kali dalam sehari.
Untuk sekali memompa di awal bekerja setelah cuti 3 bulan bisa mencapai 120 ml masing-masing payudara tetapi setelah mengijak usia si kecil mencapai 1 tahun produksi asi berkurang seiring dengan intensitas memompa asi yang tidak menentu dikarenakan waktu bekerja yang tidak bisa dipredikasi. Seringkali rapat atau tetiba dipanggil atasan untuk berdiskusi yang waktunya mempet dengan jam memompa asi.
 
Minum Vitamin ASI
Dilansir dari The Asiaparents ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan berkurangnya produksi asi yaitu status gizi, kondisi psikologis ibu seperti stress, hormon dan adanya penyakit tertentu. Selama bekerja seringkali menyita waktu sehingga kurangnya asupan makanan sedangkan untuk minum air putih sudah menjadi prioritas.
 
Apakah asi ibu berkualitas?
Itulah yang muncul dibenak saya. Asupan makanan yang berkurang pun menjadi salah satu faktor berkurangnya produksi asi dan nutrisi si kecil pun tidak berkualitas.
 
Bagaimana agar ASI berkualitas selama bekerja?
Salah cara yang saya lakukan dengan mengkonsumsi vitamin asi. Dengan mengkonsumsi vitamin kebutuhan nutrisi ibu akan terpenuhi dan kualitas nutrisi asi akan semakin optimal. Vitamin ASI mengandung berbagai vitamin, mineral dan terutama asam folat yang sangat dibutuhkan si kecil dalam 1000 hari pertama kehidupan adalah periode tumbuh kembang yang dimulai sejak terbentuknya janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun. Periode emas si kecil untuk tumbuh dan berkembang secara optimal di 1000 hari pertama ini.
 
Semasa anak pertama dan kedua saya mengkonsumsi vitamin ASI  yang diresepkan oleh dokter karena sekalian kontrol pasca melahirkan. Untuk anak ketiga ini saya mencoba Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold yang merupakan salah satu vitamin populer untuk ibu hamil dan menyusui.

Dari mana saya memperoleh informasi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold?
Berbagai review Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold ada di media online. Pertama kali saya mendengar Blackmores untuk berbagai jenis vitamin dan khusus Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold ada di beberapa review web parenting. Moms, bisa mengunjungi web Blackmores dan instagram blackmoresid untuk melihat berbagai jenis vitamin khusunya Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold.



 Review Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold adalah suplemen yang mengandung 17 nutrisi esensial membantu memenuhi nutrisi ibu dan buah hati selama kehamilan hingga menyusui. Nutrisi esensial seperti asam folat, zat besi, tinggi DHA, tinggi kalsim, vitamin dan mineral. 

Kemasan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold
Tersedia dalam kemasan botol berwarna coklat agar tidak mudah tembus cahaya termasuk cahaya matahari dengan 60 kapsul, 120 kapsul dan 80 kapsul. Botol ini terdapat tulisakn BLACKMORES timbul yang membuat produk ini susah untuk dipalsukan. Selain itu terdapat segel tutup yang sangat mudah dibuka tanpa harus memutar tutup botol. Cukup tarik tanda panah sesuai pentunjuk panah dan tutup botol langsung bisa dibuka karena menggunakan bahan seperti karet.  
 


Terdapat tulisan:
  • Mengandung Kalsium dan Asam Folat, Minyak ikan tidak bau dan mengandung vitamin dan mineral. Pada bagian bawah terdapat jumlah kapsul dan nomor POM.
  • Pada bagian pinggir sebelah kanan label terdapat informasi nomor batch dan tanggal expired.
  • Pada bagian pinggir sebeblah kirim terdapat fungsi Blackmores, kegunaan, komposisi, petunjuk penggunaan dan petunjuk penyimpanan.
Komposisi
Setiap kapsul Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold mengandung:
Asam Folat 400µg, Kalium iodide 195 µg (iodium 150 µg), Fish oil 1000 mg mengandung 330 mg, Omega-3 (DHA 250 mg + EPA 50 mg), Fe (II) fumarate 31,4 mg (zat besi 10 mg), Niasin 15 mg, Vitamin C 60 mg, Kalsium Karbonat 600 mg (Kalsium 240 mg), Zinc sulfat 416 mg (Zinc 15 µg), Magnesium oksida 99,6 mg (magnesium 60 mg), Thiamine nitrate 1000 µg (vitamin B1 80 µg), Riboflavin (vitamin B2 1500 µg), PhyrodixineHCl (vitamin B6 1500 µg), Vitamin B12 3 µg, d-alpha tocopherol (natural Vitamin E10,42 IU), Dunaliella salina cell extract soft concentrate 144 mg.
 

Dilansir dari honestdoc.id ada beberapa manfaat Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold yaitu:

  • Mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi.
  • Meningkatkan perkembangan otak bayi.
  • Meningkatkan kecerdasan bayi

 Mengapa memilih Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold?
  • Dosis blackmores dari Kalbe ini telah disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil dam menyusui di Indonesia.Zat besi yang yang berasal dari besi fumarat tidak menyebabkan konstipasi.
  • Dosisi kalsium dan DHA yang tinggi.
  • Odourless fish oil yang kaya akan DHA tetapi tidak menyebabkan mual karena bau amis.

Kalbe Blackmores Nutrition turut serta memperingati memperingati World Breastfeeding Week 2020 dengan melakukan serangkaian edukasi dan juga sharing pengalaman di social media @blackmoresidseputar ASI dan Menyusui. Kegiatan ini untuk meningkatkan awareness Ibu agar dapat selalu memberikan ASI bernutrisi bagi buah hati karena blackmores percaya, setiap tetes ASI sangat berarti bagi buah hati dan merupakan wujud kasih sayang Ibu untuk si kecil.

Tidak hanya itu, Kalbe Blackmores Nutrition dengan Yayasan Bumi Sehat telah bermitra sejak tahun 2017 dan secara berkelanjutan telah membantu pemenuhan gizi Ibu Hamil dan Menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat.

 

Kapsul  Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

Pengalaman Mengkonsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

Pertama kali mencoba blackmores takut bau vitamin yang sungguh membuat psikomotor otak untuk mengeluarkan kembali kapsul vitamin ini. Selain bau zat besi yang terkandung di dalam kapsul ini, minyak ikan yang terdapat di dalam blackmores sudah membuat saya tersugesti akan amis sekali. Baiklah, karena saya selalu ingat akan asupan yang dibutuhkan adek Malik maka saya berusaha menghilangkan rasa takut ini.

Yesss.. Kapsul ini tidak begitu bau zat besi dan tidak berasa minyak ikan. Senang sekali bisa mengkonsumi tanpa harus buku kuduk naik. Setelah mengkonsumsi kapsul blackmores selera makan sedikit meningkat. Lucky me! Saya dengan berat badan 45 kg dengan status ibu menyusui seringkali membuat orang sangsi atas status gizi saya. Makan semakin banyak dan produksi asi semakin lacar dengan memompa sebanyak 2-3 kali di kantor cukup untuk membawa bekal asi buat dek Malik.



Fyi, sebelum mengkonsumsi blackmores payudara kanan hanya menghasilkan sekitar 80-90 ml dan setelah mengkonsumi asi perah (asip)  yang dikumpulkan mencapai 120-140 ml. Apa yang membuat ibu menyusui stress? Salah satunya ketika memompa asi yang dihasilkan hanya sedikit sekali. Dengan mengkonsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold semoga dapat mengasihi dek Malik sampai dengan 2 tahun sambil mencari nafkah di kantor. Terima kasih Papa yang telah mendukung istri berkerja sambil mengasihi dengan selalu membelikan  Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold.

Tidak hanya mengkomsumsi ketika menyusui, sebaiknya ibu mengkomsumsi Blackmores Pregnancy and BreasfFeeding Gold ASI mulai dari menyiapkan kehamilan hingga menyusui agar ASI bernutrisi  sehingga Ibu dan Bayi yang Istimewa.

Semangat mengasihi, Moms!


 

 

 

 

1 komentar