Persiapan Menginjak Usia Makanan Pendamping ASI (MPAsi)

Periode menyusui ekslusif selama enam bulan dan dilanjutkan pada fase Makan Pendamping ASI (MPASI) berupa bubur sampai dengan umur satu tahun. Untuk memulai fase makan ini membuat seorang ibu sangat excited karena pertumbuhan anak semakin pesat dan bertumbuh sehat.

 

Sumber: Pinterest

Bagaimana persiapan untuk memulai MPAsi?

Ada beberapa yang harus dipersiapkan untuk memulai MPAsi seperti menyiapkan resep bubur, persiapan peralatan masak dan peralatan makan bayi. Selain menyiapan bahan makanan yang berkualitas, ada baiknya moms juga mencari makanan pendamping ASI instan untu menjaga ketika tidak bisa menyiapkan makanan untuk si kecil. Berikut ada beberapa peralatan dan tips menyiapkan MPAsi si kecil:

 

Blender atau Food Procesor

Untuk membuat pure buah atau pure sayur dibutuhkan alat pelumat bahan tersebut. Ada baiknya gunakan bleder atau food procesor khusus untuk membuat makanan bayi, jangan mencampur dengan kegiatan memasak lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah bercampurnya aroma makanan bayi. Kalau saya pakai blender khusus bayi dan sekaligus sebagai steamer yang memudahkan dalam proses pembuatan bubur.

 

Sumber: google


Steamer (Kukusan)

Sebelum membuat pure sayur atau umbi-umbian, gunakan steamer atau kukusan untuk membuat bahan makanan menjadi lunak agar mudah dilumatkan. Saat ini sudah ada  yang sekaligus sebagai steamer dan langsung sebagai blender. Untuk membeli alat ini, moms harus merogoh kocek yang cukup banyak. 

sumber: verywellfamily.com


Panci atau Slow Cooker

sumber: google
Untuk membuat bubur dengan berbagai bahan mulai dari bahan pokok karbohidrat, protein hewani dan sayuran membutuhkan waktu yang cukup lama dapat dimasak di panci atau slow cooker untuk mndapakan teksur yang lembut. Beragam jenis slow cooker dapat ditemui di pasaran, mulai dari ukuran berbagai ukuran dan bentuk modern sampai minimalis. Ibu bekerja banyak menggunakan slow cooker karena waktunya bisa di atur sesuai tektur bubur yang diinginak dan ibu bisa mengerjakan pekerjaan rumah lainnya. Sangat membantu bukan?

 



Ice Cubs atau Kantong Plastik

Banyak moms sudah menyiapkan kaldu atau makanan bayi yang cukup banyak, mengingat pada umur 6 bulan porsi makan bayi belum cukup banyak. Untuk memudahkan penyimpanan kaldu dan pure dapat dimasukan ke dalam ice cube atau kantong plastik sesuai dengan porsi makanan anak atau sesuai dengan porsi satu kali masak untuk pendamping bubur. Simpan ice cubes atau kantong plastik di frezzer lemari es.

Sumber: pinterest
 

Kursi Makan Bayi (High Chair) atau Booster Seat

Untuk memudahkan memberikan makanan pada bayi, dudukkan si kecil pada kursi makan (high chair).  letakan mangkok atau priring serta tempat minum pada satu tempat di meja kursi bayi agar lebih mudah. Selain itu, biasanya kursi makan disertai dengan aksesoris mainan yang dapat membuat si kecil semakin menikmati proses makan. Saya menggunakan high chair yang dapat saya pindah tempatkan, yang paling sering diletakan dekat meja makan sekalian waktu makan bersama. Untuk kursi makan pendek dan sekaligus aksesoris pun banyak ditemui saat ini. Kelebihan kursi makan pendek adalah anak-anak bisa menikmati makan sekaligus bermain dengan memutar mainan dan mendengar melodi yang tersedia di kursi. Sebaliknya kursi jenis ini membutuhkan pengaman ekstra ketika akan di letakkan diatas kursi jika hendak ikut makan bersama. 

 

Sumber: google

Celemek Makan (Bib)

Sumber: pinterest
Tidak mudah memberikan makan pada bayi, pada umur 6 bulan bayi masih fokus pada mainan. Untuk mencegah kotor pada pakaian bayi dapat menggunakan celemak makan (bib). Banyak Bib yang ada di pasaran, moms bisa memilih jenis bahan mulai dari bahan katun, handuk, plastik ataupun silikon. Anak pertama dan kedua saya menggunakan celemek berbahan katun dan plastik. Anak ketiga celemek silikon sudah mulai banyak dan saya menggunakan celemek yang dapat menampung makanan pada biannya ujungnya. 

 





1 Set Mangkok atau Piring, Sendok atau Garpu

Sumber: pinterest
Pada masa menyusui moms wajib menyiapkan botol susu sedangkan peralatan untuk MPAsi yang utama adalah mangkok atau piring, sendok atau garpu. Untuk menggunakan peralatan ini tergantung jenis makanan seperti contoh saat makan pisang potong dapat mengunakan piring dan garpu atau makan bubur dapat menggunakan mangkok dan sendok. Ada baiknya gunakan mangkok dan piring yang anti slip. Sama halnya dengan penggunaan celemek, zamannya anak pertama dan kedua piring dan amngkok antislip belum ada sedangkan anak ketiga ini sudah mulai beragam jenis mangkok dan piring. Mangkok dan piring anti slip saya di bagian bawangnya terdapat karet sehingga tidak licin ketika diletakkan di atas meja kursi makan.

 


Tips!

Menjaga Kebersihan

Jika si kecil makan finger food atau makan sendiri, cuci tangan si kecil agar selalu terjaga higienitas selama proses makan. Bersihkan kursi makan, bib dan area makan dengan sabun atau air hangat.

 

Menghangatkan Makanan Beku (Frozen Food)

Untuk menghangatkan makanan beku yang disimpan dalam plastik food grade deapat menggunakan microwave atau kukusan, tetapi berhati-hatilah saat menghangatkan makanan agar tekstur makanan tidak berubah. Sebaiknya siapkan frozen food dalam porsi sesuai atau porsi kecil, untuk mencegah makanan dihangatkan tidak lebih dari sekali.

Saya menyiapkan peralatan dan tips diatas setelah melalui masa MPAsi tiga anak, terkadang masih terlupa beberapa alat masak. Setidaknya peralatan MPAsi utama sudah tersedia dan beragam peralatan masak dan makan yang dipersiapkan, tergantung moms pilih sesuai budget kantong.

Semoga bermanfaat, Moms!



Tidak ada komentar