Klepon Ubi Ungu

by - September 08, 2019



Saya lagi diet makanan yang mengandung susu sapi, seperti roti, biskuit, es krim, keju, coklat, dan lain-lain karena anak saya yang berumur 1 bulan didiagnosa dokter alergi susu sapi. Saya masih menyusui jadi disarankan dokter untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung susu sapi agar tidak berdampak pada si kecil.
Ibu menyusui itu selalu lapar, jadi lah memutar otak untuk membeli cemilan atau membuat makanan yang tidak mengandung susu sapi dan rata-rata makanan tersebut adalah kue tradisional.

Kalau mendengar Cemilan Klepon jadi teringat dengan Kue yang berwarna hijau, ada gula merah dan kelapa parut. Saya dan Suami sangat suka menikmati kue-kue tradisional macam Klepon, Putu Ayu dan lain-lain.


Biasanya saya suka beli Klepon dari Singkong atau Ketan. Lebih nikmat dari singkong karena tidak begitu keras dan lumer di mulut. Sekarang susah sekali mencari kue tradisional makanya saya kadang buat sendiri Klepon, tetapi dari Ubi Jalar. Ubi jalar yang saya gunakan kadang Ubi Ungu atau Ubi Orange, paling sering ubi ungu. Ubi ungu dengan rasa yang kurang manis jika di goreng atau di rebus sehingga paling enak di olah menjadi paganan seperti Klepon, Biji Salak atau Kue Bugis. Paganan tersebut di tambahan gula merah atau gula aren pada isiannya atau menjadi kuah seperti kolak. Selan itu, ubi ungi banyak mengandung beta karoten yang bermanfaatn untuk kesehatan.

Saya sering dibelikan suami ubi jalar ungu untuk dijadikan kudapan di rumah. Ubi ungu yang ada suka saya kukus dan hancurkan (pure) kemudian simpan di kulkas untuk memudahkan jika hendak membuat kudapan-kudapan. Tinggal keluarin kulkas, samakan dengan suhu ruang dan siap di olah.

Resep Klepon Ubi Ungu ini saya adopsi dari Blog catatannina  blog Bunda Nina ini merupakan salah satu Food Blog yang sering saya kunjungi karena begitu inspiratif.


KLEPON UBI UNGU

Bahan:
500 gram Ubi Jalar Ungu
120 gram Tepung Tapioka
125 gram Gula Merah, disisir halus
1/2 sdt garam
2 lembar Daun Pandan
1/2 Kelapan Parut Kasar
Air secukupnya untuk merebus/

Cara Membuat:
  • Kupas Ubi Jalar, kukus hingga maang, panas-panas dihaluskan hingga kembut, dinginkan.
  • Campurkan ubi dengan tepung tapioka dan garam, campur hingga rata.
  • Uleni hingga dapat dibentuk, jika dirasa masih kurang boleh ditambahkan tapioka.
  • Ambil sejumput adonan, pipihkan, beri isian gula merah dan bentuk bulat.
  • Lakukan hingga adonan habis
  • Didihkan air, tambahkan daun pandan. Masukan bulatan klepon sedikit demi sediki saja, angkat apabila sudah mengambang.
  • Gulingkan klepon di dalam kelapan parut yang telah di kukus hingga seluruh permukaannya tertutupi.
  • Siap disajikan.


Sebelumnya kukus kelapa parut tambakan sedikit garam dan daun pandan yang disimpulkan kemudain kukus selama 10 - 15 menit, hal ini bertujuan agar kelapa tidak cepat asam. Selain itu, kelapa di parut memanjang agar lebih cantik. Nah, saya kemarin pakai kelapa seadanya sisa dari membuat urap jadi kelapa tidak di parut memanjang. Jika membeli kelapa parut, kasih tau sama penjualnya untuk kue maka sang penjual sudah tahu akan di putar pada mesin yang sedikit besar agar mendapatkan parutan kelapa yang panjang.

Klepon ubi ungu yang di tambah dengan parutan kelapa akan memberikan paduan warna yang cantik. Mari mencoba membuat ubi ungu..

You May Also Like

0 komentar