Pengalaman Menggunakan Pompa ASI Medela Harmony (Pompa Manual) dan Purelan 100

by - Agustus 24, 2019



Selama hamil dan persiapan masuk kerja sudah membuat saya berpikir keras agar si buah hati mendapatkan ASI eksklusif. Anak pertama dan kedua sukses asi ekslusif selama 6 bulan dan di lanjutkan selama 1 tahun. Harapan saya anak ketiga ini sukses mengASIhi secara ekslusif!

Menjadi kendala dalam mengAShi adalah saya terlampau takut dengan perlekatan antara mulut bayi dan puting yang kadang kala membuat lecet dan sakit ketika sedang memompa asi. Selain itu kegiatan memompa asi membuat rutinitas membosankan apalagi asi yang di pompa keluar sangat sedikit.

Selama di rumah sakit saat melahirkan saya sudah membawa pompa asi (breast pump) karena saat bayi masih berumur harian belum banyak menyusu sehingga ASI yang keluar kadang terbuang sia-sia melalui rembesan payudara lainnya. Sayang kan moms!
Ini pengalaman saya ketika melahirkan anak pertama sehingga anak kedua dan ketiga sudah saya persiapkan semua yang berhubungan dengan persiapan stock ASIP dan peralatan lainnya agar payudara tidak bengkak ketika tidak disusui si kecil.

Berikut ini saya akan share pengalaman saya menggunakan Pompa ASI (Breast Pump) waktu anak kedua dan ketiga. Saya menggunakan Pompa ASI Medela Harmony yang saya dapat informasi dari media sosial tentang kelebihan dari pompa ASI ini.


DESIGN

Medela harmony merupakan pompa ASI manual yang sangat ringkas karena tanpa harus di dicolokan ke listrik yang di design untuk dibawa kemana-mana agar dapat mempompa ASI kapanpun dan dimanapun.
Design yang elegan dan nyaman saat digunakan dan pompa yang ergonis ketika tuas pompa digerakan dan tuasnya dapat diferakan ke segala arah.
Merupakan pompa manual yang tidak memerlukan listrik dan baterai ketika dioperasikan dan tidak bersuara ketika sedang digunakan.
Penggunaan yang sangat mudah, simpel dalam menyusun spare part untuk membentuk keseluruhan pompa ASI dan tentunya sangat mudah dibersihkan.
Selain itu kelebihan Medela Harmony adalah memiliki 2-phase-expression, yaitu teknologi untuk memerah dan stimulasi yaitu tuas pendek untuk memerah untuk mengeluarkan ASI dari payudara dan tuas panjang untuk menstimulasi yang menyerupai hisapan bayi. 

Bagian-Bagian Produk
Spare part dari pompa ASI Medela Harmony terdiri dari :
  • Personal Fit Breast Shield ukuran 24 mm
  • Handle
  • Diaphragm/steam with o-ring
  • Component Connector
  • Valve Membrane
  • Valve Head
  • Bottle 150 ml 
  • Multi Lid
  • Bottle Stand (dudukan botol)




Cara Membersihkan
  1. Lakukan pembersihan sebelum pertama kali digunakan dan setelah setiap kali digunakan. Buka semua bagian dari pompa untuk dibersihkan.
  2. Cuci semua bagian produk dengan air dingn dan air bersih (suhu sekitar 20 derajat celsius) selama 10-15 detik. Cek seua spare part agar tidak terjadi kerusakan.
  3. Bersihkan semua dengan sabun dan air hangat )suhu sekitar 30 derajat celsius)
  4. Kerigkan dengan lap kering atau letakan pada lap kering.
  5. Setelah dibersihkan, letakan semua bagian produk di atas rak.




Pengalaman Menggunakan Pompa ASI Medela Harmony

Sebagai seorang ibu yang bekerja full time, saya harus menyiapkan ASI yang cukup untuk si kecil agar kebutuhan gizinya cukup. Jujur, untuk memberikan susu formula di bawah 6 bulan rasanya sakit bagi saya karena berbagai pertimbangan yaitu yang terpenting takut si kecil alergi dengan protein hewani. Di masa cuti melahirkan dari mulai awal melahirkan saya sudah menyiapkan ASI untuk disimpan agar setelah masuk kerja stock ASI untuk si kecil cukup. Persiapan ini saya lakukan karena di kantor dengan pekerjaan yang tidak menentu membuat ritme waktu memompa menjadi tidak menentu.

Pada anak kedua dan ketiga ini saya menggunakan Pompa ASI Medela Harmony merupakan pompa ASI manual. Kenapa saya tidak mengunakan pompa ASI elektrik? Karena pompa ASI manual lebih mudah di bawa kemana-mana apalagi harus mobile di kantor dan kadang kala memompa ASI di mobil sehingga bena-benar membantu untuk Working Mom seperti saya dalam menyiapkan ASI untuk si kecil.

Handle pompa yang ergonomi membuat tangan tidak sakit, kadangkala membuat lengan menjadi nyeri dan jemari menjadi kaku karena memompa yang berulang-ulang dan dari segi hisapan pada puting dengan mempompa perlahan pada awal membuat puting dan payudara tidak sakit sehingga Medela Harmony menjadi pilihan saya.

Dengan design yang kecil dan simpel dapat muat dalam tas dan printilan lainnya seperti Ice Pack dan tempat penyimpanan ASI. Makanya saya prefer sekali pakai Medela Harmony untuk di bawa ke kantor. Selain itu ketika spare part pompa terjadi kerusakan dapat dibeli satuan yang  tersedia di setiap toko online maupun offline.

Saya mulai memompa ASI dari umur si kecil 15 hari dan sudah dapat menyimpan ASI sekitar 40 kantong dari awal pemakaian pompa Medela Harmony hanya bisa sekali pompa sebanyak 50 ml dan sekarang bisa mencapai 100 ml sudah membuat saya bahagia sekali.
  



Pengalaman Menggunakan PURELAN 100 untuk Puting Lecet

Puting Lecet?
Moms, pernah mengalami puting lecet ketika mengASIhi? Saya mengalaminya ketika anak kedua, si kecil suka nyusu dengan perlekatan yang tidak pas antara mulut dan puting sehingga menyebabkan kulit pada puting terkena gusi si kecil sehingg kulit menjadi lecet.
Selain itu penyebab puting lecet adalah:
1. Hisapan bayi yang kuat
2. Payudara bengkak
3. Infeksi Jamur Candida
4. Tali lidah pendek (tongue tied)
5. Ibu yang memiliki kulit sensitif
6. Penggunaan corong pompaASI yang tidak sesuai

Waktu itu saya benar-benar panik karena jadi takut mengASIhi, yaa sakitnya minta ampun. Sekarang saya sudah menyiapkan PURELAN 100 yang merupakan Produk Medela untuk mengatasi puting lecet.
Purelan 100 tersedia dalam 2 ukuran yaitu 7 gram dan 37 gram. Terbuat dari 100% Lanolin, alami dan tanpa bahan pengawet yang dapat meringankan dan melembapkan kulit kering atau sensitif.



Cara menangani Puting Lecet
  • Selalu cuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun sebelum menyusui.
  • Pastikan posisi dan pelekatan menyusui benar sehingga menyusui lebih nyaman.
  • Perah sedikit ASI, oleskan di sekitar puting dan aerola.
  • Oleskan Purelan 100 pada puting untuk menjaga kelembaban.

 Saya sudah mencoba Purelan 100 pada anak ketiga ketika di awal menyusui terasa perih karena baru menyusui lagi setelah hamir tiga tahun. Cukup ampuh langsung berasa tidak perih waktu menyusui dan jangan khawatir Purelan 100 aman dan tidak perlu dibersihkan dari kulit payudara atau puting sebelum menyusui. Jadi tidak takut lecet ketika mengASIhi.

Sekian cerita pengalaman saya menggunakan pompa ASI Medela Harmony dan menangani puting lecet dengan Purelan 100, semoga bermanfaat yaa Moms..









You May Also Like

0 komentar