Perlengkapan Melahirkan yang dibawa ke Rumah Sakit

by - Juli 23, 2019



Haii.. Moms saya akan sharing beberapa perlengkapan yang hendak dibawa moms ke rumah sakit ketika hendak melahirkan. Ini cerita lahiran anak ketiga saya dan masih ada saja yang kurang ketika sudah samai di rumah sakit. Hal ini dikarekan ada beberapa rumah sakit yang menerepakan ketentuan berbeda dengan rumah sakit lainnya, maklum ketiga kali melahirkan ini saya melahirkan di rumah sakit berbeda.  

Perlengkapan Mama

Surat-surat termasuk Surat Catatan Dokter
Surat-surat yang dimaksud disini adalah catatan dokter tentang kehamilan ketika berobat ke praktik dokter dan hendak melahirkan di rumah sakit lain. Berisi tentang informasi tentang nama, alamat, asal, agama, catatan sakit yang pernah di derita, kondisi kesehatan saat ini dan obat-obatan yang dikonsumsi maupun alergi.

Baju Tidur Panjang
Bawalah baju tidur yang yang sedikit tebal dan bukaan depan agar lebih memudahkan ketika hendak dipakai karena setelah melahirkan dengan operasi ceaseria mama akan di pasang infus sehingga lebih mudah dalam mengatur selang dan botol infus, tetapi kadangkala baju untuk mama sudah disiaokan dari rumah sakit. 
Selain itu, karena kondisi tubuh yang beum stabl membuat suhu tubuh dingin dan tambah ruangan ber AC sehingga dibutuhkan baju yang tebal untuk menghangatkan tubuh.

Gurita
Di Indonesia ada yang namanya gurita, mungkin karena desainnya banyak semacam kaki mirip gurita. Setau saya dulu orang tua memakai gurita untuk membantu mengecilkan perut setelah melahirkan. Saya mendapat penjelasan dari bidan rumah sakit untuk membantu proses kontraksi pasca operasi secaria.

Kain
Sama halnya gurita, Indonesia masih menggunakan kain untuk membantu perlekatan pembalut agar lebih nyaman sehingga darah nifas tidak bocor kemana-mana. Its okay menurut saya yang sudah hidup di zaman milenial seperti sekarang ini, apalagi kain masih digunakan sebagai sarung pengganti celana panjang atau rok agar tidak membuat perut sakit setelah operasi secaria. 

Kaos Kaki
Saya pernah merasakan mengigil kedingin setalah melahirkan anak kedua sehingga sangat butuh kaos kaki untuk menghangatkan bagian telapak kaki. Ada baiknya kaos kaki anti slip agar dapat dipakai dengan aman ketika berjalan di lantai.

Minyak Urut
Jika suka pijat maka siapkan minyak karena setiap rumah sakit belum tentu menyediakan minyak urut. Pijat kadang membuat tubuh sedikit segar karena mengeluarkan salah satunya mengeluarkan hormon endorphin.

Perlengkapan Kosmetik
Bawalah perlengkapan kosmetik seperti lip balm yang membantu agar bibir tetap lembab dan lotion untuk badan karena suhu dingin membuat kulit menjadi kering.

Bra Menyusui (Nursing Bra)
Siapkan 2 atau 3 bra menenyusui agar lebih mudah dan nyaman ketika mengASIhi si buah hati.

Breast Pad
Biasanya bayi baru lahir masih sedikit menyusu sehingga payudara menjadi kencang dan basah agar tetap kering tambahkan breast pada pada bra agar tetap pakaian tetap kering tidak bau. 

Pembalut
Setelah melahirkan banyak mengeluarkan darah untuk itu siapkan pembalut agar celana tetap bersih dan sanitasi daerah kemaluan mama tetap terjaga kebersihannya.

Perlengkapan Mandi
Adakalanya rumah sakit menyiapkan perlengkapan mandi tetapi untuk berjaga-jaga siapkan perlengkapan mandi mama dan suami ya…

Perlengkapan Bayi

Pakaian bayi
Beberapa rumah sakit menyiapkan pakaian bayi yang steril untuk menjaga kondisi bayi tetap sehat, tetapi ada juga rumah sakit tetap menggunakan pakaian bayi dari rumah. Selain itu siapkan sleepsuit sekalian untuk dipakai ketika akan pulang ke rumah.

Selimut Bayi
Sama seperti pakaian, selimut kadang disiapkan tetapi siapkan untuk perjalanan pulang ke rumah.

Diapers
Untuk berjaga-jaga diapers yang disiapkan dari rumah sakit tidak sesuai dengan kulit bayi, siapkan dipaers disposible yang mama anggap aman untuk kulit dan untuk selama perjalanan pulang ke rumah.

Kaos Kaki, sepatu dan sarung tangan bayi
Bawalah beberapa pasangan kaos kaik dan sarung tangan bayi untuk selama masih menjalankan perawatan di rumah sakit.

Topi
Untuk outfit si kecil ketika pulang dan membantu menjaga melindungi kepala si kecil agar tetap hangat selama di perjalanan.

Jaket atau Baju Dingin
Siapakan jaket untuk si kecil di perjalanan, suhu luar tidak dapat dipredikasi.


Perlengkapan Suami

Sepatu atau Sandal yang nyaman
Selama menunggu proses melahirkan suami sedikit tegang sehingga secara tidak sadar berjalan mondar-mandir koridor rumah sakit.

Pakaian Ganti
Butuh beberapaa stel pakaian ganti untuk suami untuk jaga-jaga kotor karena darah atau muntahan mama ataupun bayi kecilnya.

Ponsel dan Charger
Jangan lupa peralatan komunikasi sangat penting dan jangan sampai tertingga; ponsel dan charger agar tetap On untuk memberikan informasik kepada kerabat tentang kondisi mama dan bayinya.

Kamera
Tak kalah penting kamera digunakan untuk mengabadikan momen-momen yang tak tak dapat diingat oleh mama ketika menahan sakit saat melahirkan. Abadikan dalam bentuk foto atau video yaa pak suami…

Makanan Ringan dan Minuman
Ada baiknya siapkan sedikit snack dan minuman agar ayah bisa menambah energi dalam menunggu proses kelahiran.


semoga membantu persiapan melahirkan ya moms... 



You May Also Like

0 komentar