Tips Aman dan Nyaman Ibu Hamil Berpergian Selama di Pesawat

by - April 10, 2019

Haii Moms, pernahkah berencana berpergian selama hamil menggunakan pesawat? Saya pernah mengalami selama kehamilan anak pertama, kedua dan sekarang hamil ketiga ini. 
Yups.. ada rasa ketakutan tersendiri karena banyak cerita bahwa bahaya selama kehamilan berbahaya untuk naik pesawat.


Saya Ketika di Bandara


Ada beberapa tips yang saya baca sebelum berpergian naik pesawat selama hamil agar tetap aman dan nyaman, yaitu: 

1. Konsultasikan ke dokter kandungan
Ada baiknya konsultasikan kondisi kandungan moms saat ini apakah memungkinkan untuk berpergian selama kehamilan? Ada beberapa pendapat bahwa usia kehamilan 18 minggu - 24 minggu merupakan waktu yang paling aman untuk naik pesawat. Waktu yang harus diperhatiakan antara trimester awal dan trimester ketiga karena berisiko dengan lahir awal. Hal ini dimungkinkan karena berbagai sebab salah satunya goncangan dan kekurangan oksigen selama di ketinggian.
Sebaiknya minta surat rekomendasi dari dokter agar aman ketika diperiksa petugas pesawat sebelum lepas landas. 

2. Gunakan Pakaian Longgar 
Pakaian yang longgar membantu sirkulasi udara cukup mengenai kulit. Hal ini penting karena dapat membantu menjaga temperatur tubuh selama di dalam pesawat. 

3. Booking Kursi di bagian Lorong/ Aisle
Untuk memudahkan ruang gerak moms ketika di pesawat mintalah atau pesan kursi di bagian lorong/ Aisle karena selama kehamilan kandung kemih akan tertekan bumps sehingga akan terasa lebih sering buang air kecil. Agar lebih mudah mobilisasi ke toilet sebaiknya duduk di bagian lorong. 

4. Bawa Sedikit Tentengan
Gunakan koper beroda agar dapat disimpan di dalam bagasi. Moms baiknya jangan membaw barang berat agar tidak lekas capek dan lelah. Kondisi tubuh yang lelah membuat imunitas menurun sehingga lebih mudah sakit. Bawalah tentengan seadanya untuk membantu selama di dalam pesawat seperti botol minum, snack, dan tissue basah. 


5. Banyak Minum
Untuk menghindari dehidrasi selama di pesawat bawalah air minum secukupnya. Hal ini dikarenakan supply udara yang kurang menyebabkan  kelembaban yang rendah. 

6. Bawa Snack yang Sehat
Ada beberapa maskapai tidak menyediakan snack gratis selama dalam perjalanan, oleh karena itu bawalah sncak sehat secukupnya agar dapat memberikan nutrisi selama di perjalanan. Selama kehamilan saya seringkali merasa mual ketika perut lapar atau kosong sehingga menyebakan muntah dan berakhir ke toilet. Sebaiknya konsumsi makanan yang sehat yang mengggandung karbohidrat dan kaya serat agar tetap nyaman selama di perjalanan. 

7. Tetap Menggunakan Sabuk Pengaman
Kewajiban penumpang dalam berkendaraan harus menggunakan sabuk pengaman untuk mencegah ketika terjadi kejadian tidak terduga. Agar nyaman ketika menggunakan sabuk pengaman letakkan sabuk di bawah perut atau sedikit di loggarkan agar perut tetap nyaman dan bebas dari rasa sesak. 

8. Stretching atau bergerak
Udara dingin membuat otot-otot menjadi kaku, seringkali kaki mengalami kram. Stretching atau menggeralan kaki dan menggerakan bagian punggung salah satu kegiatan yang dapat memperlancar aliran darah dan meningkatkan oksigen ke bagian punggung dan otak serta ke janin. Gerakan ini juga membantu ibu hamil tetap nyaman selama duduk di dalam pesawat. 

9. Tetap Jaga Kebersihan
Agar tetap steril dari kuman ketika hendak minum dan makan selalu gunakan tisu basah dengan kandungan anti septik agar moms dan janin tetap sehat. 

10. Bawa Jaket atau Syal
Ada kalanya kondisi tubuh selama kehamilan tidak stabil sehingga suhu di dalam kabin pesawat terasa sangat dingin dan saya selalu menyiapkan jaket yang ringan dan syal untuk menutupi tubuh. 

Semoga membantu agar moms tidak khawatir ketika akan berpergian dengan menggunakan pesawat. Aman dan nyaman selama di perjalanan sangat penting. Happy traveling Moms! 





You May Also Like

0 komentar