Outing Anak-Anak TK ke Palembang Bird Park dengan Penuh Manfaat

by - Oktober 09, 2018

Senangnya hatiku, heiii…
Lagu yang dinyanyikan si Sulung yang saat ini duduk di bangku TK B karena hari ini mereka Outing ke Bird Park OPI Palembang.  Ketika Bunda di sekolah mengumumkan akan melakukan Field trip ke Bird Park satu minggu yang lalu, maka ketika itu pula mama kebingungan menjawab nanti Rabu depan dan seragam olah raga.

Yeeay… tibalah kami mengunjungi Bird Park (Taman Burung) OPI Palembang bersama teman sekola TKIT Harapan Bunda dengan menggunakan Bis “Tayo”. Bis Tayo disini adalah BIs Trans Musi berwarna biru seperti bis tayo, aah membuat anak-anak jadi semakin excited. Saya dan para bunda, mama (orang tua) murid pun ikut bersama.


Bird Pirk OPI Palembang

Taman Burung OPI Palembang terletak di Jakabaring tepatnya di Komplek Ogan Permata Indah Palembang, disini terdapat berbagai jenis hewan, tidak hanya burung ada kura-kura, kuda, iguana dan Kangguru. Berbagai Jenis burung terdapat di Palembang Bird Park, ada burung Unta, burung Parkit, Jalak dan berbagai jenis burung lainnya. 
Kak Syafiq dan Mama bersama Burung
Kura-Kura
Anak-anak memberi Makan Iguana
Bunda Febri dan Kuda
Bunda Dini dan Burung

Tiket masuk di bandrol seharga 25rb per orang termasuk makanan untuk untuk burung. Untuk membari makan rusa anda harus merogoh kocek senilai 5rb rupiah. Selain itu, anak-anak dapat berfoto dengan burung hantu yang lucu dan menunggang kuda dengan membayar masing-masing  10rb.
Melihat Rusa

Foto bersama Anak-anak Akhwat
 
Foto bersama anak-anak Ikhwan
Untuk fasilitas lainnya tersedia ruang untuk bermain anak dan ruang istirahat. selain itu tersedia tempat membeli makan minum, mainan dan souvenir. Mulai dari mie instan, crackers, cookies, pop corn dan berbagai minuman.
 
Burung Parkit Park

Manfaat Outing ke Bird Park bagi Anak-anak

Beragam manfaat bagi anak-anak yang melakukan kunjungan ke keluar sekolah salah satunya adalah banyak belajar tentang dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Belajar  tak melulu belajar baca dan menulis di sekolah. Belajar di alam memberikan manfaat bagi anak tentang kehidupan mahluk hidup untuk mendukung kehidupan mereka, mengeksplorasi alam  dan memahami kehidupan hewan terutama kehidupan burung.  

Bagi anak-anak ke taman burung meraka dapat melihat langsung berbagai jenis burung yang tadinya hanya melihat di buku atau mendengar cerita sebelum tidur dari orang tua. Selain melihat langsung berbagai jenis hewan terutama burung, anak-anak dapat menyentuh atau memegang aneka hewan yaitu burung kecil dan memberi mereka makan. Interaksi dengan hewan seperti mengajak berbicara walaupun anak-anak tahu kalau hewan berbeda bahasa. 

Selain pengetahuan tentang hewan terutama burung, anak-anak juga membentuhkan kurang dari 1 jam per hari untuk aktivitas fisiknya. Kegiatan outing juga memberikan manfaat seperti:
  • Mengurangi stress; anak-anak senang, tertawa riang dengan bermain dan memberi makan hewan serta asyik sekali mendengar kicauan burung yang bersahutan. 
  • Meningkatkan konsentrasi; memberi makan burung dan harapan anak-anak burung dapat bertengger di wadah makanan sambil memegangnya dan berfoto sangat membutuhkan konsentrasi agar burung dapat bertahan bertengger. 
  • Meningkatkan energi; Kegiatan fisik berlari dan tertawa dapat meningkatkan energi dengan membakar kalori yang ada di dalam tubuh anak. 
  • Membangun dan menjaga kesehatan jiwa, tulang dan otot; dengan bermain bersama dan tertawa riang serta berlari kesana kemari membuat anak semakin jiwanya semakin hangat dan dapat mengingat kenangan indah bersama teman-teman. Selain itu, aktivitas fisik di luar membuat tulang dan otot semakin kuat. 
  • Membuat anak-anak tidur nyenyak; Sehabis aktivitas fisik yang cukup melelahkan tetapi menyenangkan membuat anak-anak akan tertidur dengan cepat dan nyenyak. 
  • Membangun persahatan anak-anak; Anak-anak semakin erat ketika bermain dan tertawa bersama akan membuat ingatan mereka akan permainan yang menyenangkan sehingga semakin akrab dan bersahabat kedepannya. 
Keakraban Anak-anak
Keakraban anak-anak

Semakin sering anak-anak bermain dan belajar di luar membuat mereka semakin mengenal lingkungan dan dapat menjadi pengalaman yang sangat berharga serta memori indah untuk dikenang. 


You May Also Like

0 komentar