Makanan Berbuka Puasa Bebahan Dasar Ikan di Palembang: Salah Satunya Pempek!


Makanan Berbuka Puasa Bebahan Dasar Ikan di Palembang: Salah Satunya Pempek!


Ketika memasukin bulan Ramadhan seluruh umat Muslim menyambut dengan suka cita. Bulan seribu bulan inilah membuat semua umat muslim mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Menahan lapar dan haus salah satunya untuk tidak membantalkan puasa. Setelah menahan lapar dan haus dan tibanya berbuka puasa. Biasanya pada bulan Ramadahan pengeluaran belanja makanan membengkak karena banyak keinginan membeli makanan untuk berbuka puasa. Selaian itu, ada yang menyebutkan lapar mata atau hasrat yang melimpah akibat lapar dan haus jadinya semua makanan atau minuman ataupun hendak dibeli semua.

Sebagai orang Palembang dari keturunanya dan tinggal di Palembang maka saya akan memberikan beberapa makanan berbuka puasa berbahan dasar ikan yang kaya akan protein hewani karena terbuat dari ikan, kadangkala ditambah telur dan udang. 
Singkat cerita, sewaktu saya kuliah di Depok dan pernah berpuasa di Depok itu sempat kebingunan mau mencari makanan berbuka puasa khas Depok dan mencari kemana sih makanan itu? Ada Banyak yang berjualan di lorong-lorong dan pinggir jalan kos-kos an tetapi bingung ini rasanya enak tau tidak, manis atau asin. lucu lah sempat bingung dengan yang namanya Biji Salah. Hihi... 

Nah, buat teman-teman yang merantau di Kota Palembang ada baiknya membaca rekomendasi makanan dibawa ini: 

1. Pempek
Makanan satu ini sudah terkenal se nusantara, makanan khas Palembang yang terbuat dari Ikan dan dimakan dengan Cuko yang rasanya pedas dan sedikit manis serta asam. Ada beberapa bentuk pempek yaitu:lenjer, telor kecil, keriting, tahu, adaan, kulit, serta pempek kapal selam (pempek telur besar). 


Pempek

Untuk dapat menikmati pempek, teman-teman dapat membelinya

  • Toko Pempek Flamboyan di daerah Plaju dan jalan Radial
  • Toko Pempek Sentosa di daerah Plaju
  • Toko Pempek Candy di Jalan Demang Lebar Daun, Jalan Kapten Arivai, Simpang Polda, Jalan Tanjung Api-api menju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.
  • Toko Pempek Vico di Jalan Letkol Iskandar
  • Toko Pempek Pak Raden di Jalan Radial.
  • Sentra Pempek 26 Ilir, Sekanak dan tangga Buntung, serta di daerah kenten dan Kalidoni.

2. Lenggang
Makanan mirip pempek tetapi di bakar dalam wadah daun pisang dan ditambahkan telur dan dibakar diatas arang. Aroma daun pisang bercampur dengan telur sangat menggugah selera dan jangan lupa di makan dengan cuko ditambah ebi dan potongan ketimun. 

Lenggang


3. Model Tahu

Sama seperti pempek tahu tetapi ukurannya lebih besar dan dimakan bersama kuah seperti sop dengan rasa gurih dari kepala udang. Dalam kuah model di tambahkan cincangan ketimun, irisan bengkoang, jamur kuping serta bawang goreng. 
Rasa hangat dari merica serta sambal cabenya membuat tubuh semakin segar dan bersemangat. 
Model dapat dibeli di beberapa lokasi sama halnya dengan pempek. 
Model
Sumber: Okezone lifestyle



4. Tekwan
Makanan ini kuahnya seperti Model Tahu tetapi yang membendakan adalah bentuk tekwan bulatan kecil seperti bakso tetapi tidak beraturan, sedikit kejal karena ditambahkan putih telur. perbedaan pada kuah tekwan ditambahkan soun. Sama-sama lezat tergantung dari kesukaan mau pakai tahu atau cuma pentol tekwan. Anda dapat membeli tekwan sama seperti model dan pempek. 

Tekwan


5. Laksan
Bentuk laksan seperti pempek lenjer tetapi sedikit gepeng dan dipotong-potong. Berkuah santan berwarna merah dari udang dan cabai tetapi tidak begitu pedas. Rasa gurih dari udang dan santan serta aroma bawang serta daun gando (Bahasa Palembang) membuat Laksan begitu menggoda untuk dimakan. Untuk meningkat selera kepedasannya dapat menambahkan sambal cabe yang berberwarna hijau.
Tidak semua toko pempek menjual laksan, teman-teman dapat membeli di daerah 26 dan 27 ilir, tangga buntung, Kertapati serta Pasar Bedug di setiap kelurahan.

Laksan


6. Celimpungan
Serupa dengan Laksan, Celipungan berkuah santau berwarna kuning kehijuanan. Warna kuah ini berasal dari kunyit dan beroma harum kunyit ini bercamour dengan gurihnya ikan gabus di dalam kuah celimpungan. Celimpungan berbentuk bulat seperti tekwan tetapi ukurannya lebih besar. Untuk sambal berwarna merah sehingga ketika ditambakan sambal kuah celimpungan agak berubah warna menjadi hijau kemerahan dan ditambahkan bawang goreng. Hmmm sungguh menggoda. Sama seperti laksan, teman-teman dapat mencari makanan ini di daerah 26 dan 27 ilir, tangga buntung, Kertapati serta Pasar Bedug di setiap kelurahan.



Celimpungan
 Sumber: tempatwisata.id

Selamat menikmati makanan berbuka puasa, semoga puasa kita bernilai ibadah ya... Akan kita bahan makanan yang lainnya. 




Tidak ada komentar